Wednesday, June 27, 2012

Simplicity, A Part of My Itinerary


Akhir-akhir ini, entah kenapa, gairah travelling gue sedang membuncah. Apalagi jalan-jalan ke luar negeri. Ngeliat banyak maskapai penerbangan yang lagi pada gencar-gencarnya ngadain promo tiket pesawat murah di internet, ini tangan rasanya udah gatel pengen asal klik beli itu tiket padahal gatau kapan berangkatnya, gatau dimana mau nginepnya. Tapi yang paling krusial adalah, gatau gimana cara bayar tiketnya.

Belum lagi masalah uang buat di tempat tujuan nantinya. Mau bawa cash berapa, mau minjem ke siapa kalo kekurangan, mau nyimpen dimana kalo kelebihan. Itupun di dalem negeri. Kalo di luar??

Masalah-masalah semacem itu yang bikin gue suka ngurungin niat buat jalan-jalan. Informasi promo penerbangan yang masuk ke email atau SMS pun jadi nggak pernah gue gubris.

Tapi itu dulu. Jaman dulu banget, sebelum gue tau kalo ada sebuah media perbankan yang bisa bantu gue ngurusin segala keribetan masalah uang.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/26/m67w3f-bca-asuransikan-atlet-olimpiade-ri

Adalah BCA, dengan terobosan website resmi mereka yang terbaru, www.bca.co.id, yang bikin gue bisa ngatur strategi buat ngurusin uang-uang kesayangan gue sebelum, selama, dan sesudah jalan-jalan.

Konsep utama website itu adalah memberikan solusi perbankan bagi para nasabah yang macem-macem jenisnya, mulai dari nasabah individu, nasabah pebisnis sampe nasabah korporasi yang mau jadi mitra BCA. Semua pertanyaan dan jalan keluar bagi para nasabah yang kebingungan dipaparkan secara jelas dan lengkap di situs itu.

Nah buat gue dan hasrat travelling gue yang baru tumbuh itu, “financial guideline” ini cocok banget buat ngebantu gue nyusun rencana masa depan perjalanan-perjalanan gue…

… Mulai dari online booking tiket penerbangan.

Insightnya, step yang paling nyebelin buat remaja-remaja tanggung macem gue kalo lagi booking sesuatu, apalagi tiket pesawat, adalah bagian pembayaran. Karena masih belom dipercaya buat megang kartu kredit, kami pun bingung harus berbuat apa. Kalo mau nebeng kartu kredit orangtua, harga tiket bisa jadi hambatan. Walaupun bayar pake tabungan sendiri, kalo harga tiketnya dirasa terlalu foya-foya, ya pasti nggak boleh beli.

Buat ngakalin ini, gue bakal minta temen gue, sepupu gue, dosen gue atau siapa kek yang udah punya kartu kredit sendiri buat bayarin booking tiket gue. Nah buat ganti uang mereka, gue gak perlu repot-repot ke ATM apalagi ke bank buat ambil uang trus balikin ke mereka.

BCA, melalui ATMnya yang dahsyat itu, punya fasilitas pembayaran kartu kredit yang bukan cuma kartu kredit BCA aja, tapi juga kartu kredit bank-bank lain. Okenya pake layanan perbankan yang satu ini adalah, beda kayak proses transfer yang cuma nambahin saldo uang mereka, fasilitas ini secara otomatis ngelunasin jumlah uang tiket yang dibayarin temen gue pas tagihannya udah keluar.

Intinya, selain bisa dilakukan kapan aja karena akses pake ATM bisa 24/7 plus efisien dan gak perlu ngantri panjang, kita juga nggak bikin repot orang-orang baik yang udah nalangin tiket kita itu buat bayar tagihan mereka karena kita sendiri yang udah ngelunasin itu.

… Ngatur uang selama di tempat liburan.

Kadang liburan juga butuh mikir. Terutama mikirin arus keluar masuk uang dari dan ke dompet. Apa yang udah direncanain sebelumnya, bisa aja berubah di tengah-tengah jalan karena nemu kebutuhan lain yang menggoda banget buat dibeli.

Tapi yang kayak begini nggak jadi masalah yang begitu besar sih buat gue karena gue adalah salah satu nasabah BCA. Kalo uang gue kurang, tinggal pergi ke ATM aja nanti. Mesinnya ada di mana-mana, jadi gampang nyarinya. Nah kalo ternyata uang yang gue ambil kebanyakan, daripada ludes karena dipake terus-terusan buat jajan, gue bisa setor lagi karena BCA punya fasilitas transaksi setor lewat mesin ATM.

Tapi yang paling oke, ngawasin uang di rekening ternyata gak mesti ke ATM atau teller loh. Tinggal pake fasilitas M-BCA, SMS BCA dan Klik BCA, kalo nanti kebetulan lagi males gerak gue bisa transaksi dimana aja dan kapan aja dengan mudah pake produk-produk perbankan itu. Udah nggak perlu ngantri, bisa diakses pake smartphone pula. Indah banget kan liburan macem itu.

… Sampe buat belanja sama makan-makan

Gini, gini… Pengaturan uang aja, yang mestinya bikin ribet dan susah banget buat ditahan, bisa diatasin sama fasilitas-fasilitas BCA. Nah, bagaimana dengan fase foya-foya nya? HOHOHO tentu saja segala urusan pengeluaran uang akan dipermudah.

Misalnya pake debit BCA. Ini mesinnya tersebar dimana-mana, sampe ada di puluhan ribu merchant. Udah gitu praktis nggak pake kembalian. Segala transaksi juga tercatat. Jadi kalo misalnya nanti gue pas udah kerja tiba-tiba harus ke suatu tempat buat dinas, segala pembayaran bisa dengan mudah ditagih ke kantor *tawa licik*

Gapunya debit? Jangan panik, kan ada Flazz. Nggak ada minimal transaksi, tinggal tempel kartunya di mesin dan wuzz! Kebayar sudah semuanya. Kalo saldonya abis, top-up nya juga gampang. Dan yang bikin kartu ini makin mumpuni adalah, berbagai lini bisnis bisa dituntasin pembayarannya cuma pake satu kartu aja.

Atau kalo nanti tengah malem gue pengen belanja snack buat di hotel sekaligus narik uang lagi, tinggal pake tunai BCA aja. Pertama, nggak perlu ke ATM jadi hemat waktu. Dan kedua, nggak ada biaya tambahannya.

Trus kalo gue jalan-jalan ke luar negeri, tinggal serahin semuanya ke kartu kredit BCA. Tinggal gesek sana, gesek sini, tenteng belanjaan, masuk restoran, gesek lagi, asalkan nanti pas tagihannya muncul bisa dibayar, tinggal tanda tangan aja di struk, maka bereslah proses pembayaran. Belum lagi kalo ada promo… Fyuh, kemudahan transaksi yang kayak begini nih yang bisa bikin gue kalap kalo lagi jalan-jalan haha.


Mantep banget gak sih? Semua layanan ini ngasih gue pilihan yang solutif sekaligus ngejanjiin kebebasan finansial yang praktis. Intinya, gue jadi lebih fleksibel mau ngapa-ngapain pake tabungan gue, tanpa harus pake perantara orangtua lagi.

http://www.veteranstoday.com/2011/06/27/monetary-revolution-and-alternative-money/

Nah, Januari nanti gue mau petualangan ke Malaysia dan Thailand sendirian. Ya, bener-bener sendirian. Seorang diri. Sebatang kara.

Tapi, kali ini perjalanan gue dibekali kartu kredit karena setelah perjalanan terakhir, baru kerasa banget kesaktiannya punya kartu kredit –walaupun minjem orang. Nah, diperkuat dengan keampuhan dari fasilitas-fasilitas lainnya, gue yakin jalan-jalan gue nanti nggak bakalan ribet.

Jadi mungkin kayaknya kalimat gue mesti diralat deh.
Perjalanan nanti, gue nggak bertualang sendirian.
I Travel With BCA Instead


P.S. : Postingan ini diikutsertakan dalam lomba "Berbagi Cerita Bersama BCA"

No comments:

Post a Comment