Saturday, September 1, 2018

The Romantic Tale of Me and My Country, Part Two: "When Love Takes Action"


Duh gamungkin sih,
Asian Games 2018 ini...

Feel-nya sama persis kayak World Cup, di mana GUE UDAH SUPER KECANTOL. Gue udah mulai sotoy seakan-akan yang paling tahu betul dengan segala update acaranya, jadwal pertandingan, cabor-cabor apa aja yang udah main, la la la li li li, ya lo tau lah gimana cotnya gue kalo udah ngomongin soal World Cup? Wkwkwk...

Tapi ya gimana dong, gue beneran cinta sama vibe ini!

Satu negeri, bos! Tiba-tiba jadi kompak. Jadi penuh dukungan dan segala hal yang berbau positif, jadi lupa sama politik yang kayak tai itu, beneran menggambarkan lirik "sambung menyambung menjadi satu" yang selama ini cuma bisa gue dendangkan doang.

Gue gak pernah ngerasa sebangga ini sih sama Indonesia, suwer. Dan menurut gue ini Indonesia yang gak pernah gue kenal sebelumnya. Gue pun merasa kalo hal ini gak boleh disia-siakan dan dilewatkan begitu aja, jadi sebisa mungkin kalo ada yang berbau Asian Games, gue akan ikutan.

Nobar udah pasti lah. Di kantor yang paling sering, karena jadwalnya pasti selalu bentrok dengan jam kerja. Tapi gapapa, justru gue jadi makin akrab dengan orang-orang kantor yang gak gue kenal atau deket sebelumnya wkwk what a blessing in disguise, Asian Games!

Trus tiap pulang kantor, berubung gue kerjanya di Senayan nih ya, dan sebagian besar pertandingan Asian Games diadainnya di kompleks GBK yang sekarang udah maha bagus itu, gue selalu ngerasa iri sama mereka para volunteer atau orang-orang yang bisa nonton langsung di sana buat dukung Indonesia. Tapi ya mau gimana, pekerjaan menghantui...

Akhirnya yang bisa gue lakukan hanyalah mampir ke festivalnya, yang mana biaya masuknya cuma 10rb, tapi vibe-nya langsung kerasa kalo ini adalah venue olahraga di mana Indonesia masih berjuang di dalamnya. Isinya sih emang kebanyakan tempat makan dan tempat jualan para sponsor ya, tapi gatau kenapa sih, aura-aura ngedukung Indonesianya kentel banget. Plus ada beberapa tempat nobar yang bakal rame banget menjelang pertandingan-pertandingan penting, terutama bulutangkis.

Gue ngerasain itu beberapa kali. Suatu Sabtu gue mampir ke festival ini buat yang kedua kalinya -yang pertama sama temen-temen kantor, tapi karena cuma dateng pas pulang kantor which waktunya gak banyak, dan plus saat itu gak ada pertandingan seru, gue masih ngerasa kurang nampol. Waktu itu emang kebetulan ada pertandingan bultang yang emang partai gede, jadi ramenya... SUBHANALLAH ALLAHUAKBAR!

Cuman serunya bukan main sih. GAK. NGERTI. LAGI. GUE! Orang-orang pada teriak-teriak, nyaut-nyautin nama-nama atlet, meringis, terperangah, baik karena kesal maupun bahagia, orang-orang gak kenal jadi ngobrol dan ketawa bareng, orang-orang yang emang udah kenal saling teriak-teriak gemas, parah sih...

Dan dari kunjungan-kunjungan ini jugalah gue mulai merasakan cinta yang berkembang terhadap tiga maskot kesayangan Asian Games: Bhin Bhin si burung cendrawasih, Atung si rusa bawean, dan Kaka si badak bercula satu. Ketiganya hadir di mana-mana di seluruh area GBK, dan ketiganya LUCU AHELAH... lagi, karena gue udah terlalu pesimis dari awal, gue gak akan expect maskotnya pun bisa jadi sebagus dan sefilosofis ini.

Bukan cuma gue doang, satu Indonesia pun sayang sama mereka. Bonekanya selalu abis, antrean masuk ke toko resmi merchandise-nya gak pernah gak ngantre -dan antreannya sepanjang-panjang dunia. Gue pun gak kebagian boneka, tapi at least gue beli banyak hal yang ada merekanya!

Meski gue udah berkali-kali mampir ke festival itu, gue masih ngerasa belum puas kalo belum beneran nonton olahraganya dan ngedukung langsung Indonesia iya gak sih???

Cuman nih ya, again, karena gue terlalu pesimis pada awalnya, sedangkan orang lain udah begitu antusias bahkan dari berbulan-bulan sebelum acara dimulai, ya tentu saja semua tiket cabor penting nan populer udah abis dari kapan tau. Berkali-kali gue coba cari tiket di segala partner Asian Games, tapi berkali-kali juga gue gagal.

Turunlah gue dari angan-angan palsu mau nonton bulutangkis, voli, basket, atau renang -sepakbola udah pasti off the option karena jauh mainnya di Bekesyong wkwk- menjadi cabor-cabor tier dua: panahan, polo, dll yang masih sekitaran Senayan.

Tapi ya tentu aja gue telat. Apa pula mau nonton pertandingan tapi baru nyarinya setelah acaranya setengah jalan??? Ya iyalah udah abis semua tuh yang gak terlalu populer sekalipun. Udah sampe lah gue ke tahap di mana gue beneran turun ke GBK, nyamperin booth-boothnya dengan harapan bisa dapet basian-basian, tapi nihil.

Cuman gue masih gamau nyerah.

Hari ini, hari Sabtu terakhir pagelaran Asian Games, bener-bener sehari sebelum closing ceremony di mana semua jadwal pertandingan akan dihabiskan hari itu juga, gue balik lagi ke GBK. Sendirian, tanpa kepastian bahwa gue akan bisa nonton sesuatu.

Gue samperin lagi tuh booth-booth dan gue telusurin satu-satu, kari ini gak pake filter mau khusus nonton apa, bener-bener cari yang masih ada tiketnya, dan tentu aja masih ada Indonesia-nya. Dan ternyata ada satu cabang yang memenuhi persyaratan itu.


Namanya Sambo.


Boleh jujur? Gue gatau apa itu Sambo. Gimana cara mainnya, siapa aja atletnya, GUE BAHKAN GATAU ADA OLAHRAGA NAMANYA SAMBO!? Tapi gue udah cek website-nya, dan ternyata masih ada atlet Indonesia yang main untuk cabor ini.

Bodo amat, gue beli. Gue beli langsung tanpa berpikir panjang, lantas masuk dan berhamburan ke JCC karena pertandingannya udah mulai dari tadi.

Dan ternyata rame...

Gangerti lagi gimana senengnya gue waktu itu. Bisa berkumpul dengan orang-orang yang gagal dapet tiket olahraga penting, hingga akhirnya bernasib sama dengan gue dan beli si sambo yang gajelas juntrungannya ini -yang ternyata adalah sejenis olahraga gulat. Tapi kayaknya kita semua sama-sama gak peduli karena yang penting bisa masuk ke venue beneran, ngeliat atlet Indonesia beraksi beneran, dan, ini dia yang paling penting, bisa ngedukung Indonesia dengan yel-yel yang selama ini cuma bisa didenger lewat TV atau dari luar venue.

Merinding sih ketika ini terjadi, karena akhirnya, AKHIRNYA, gue bisa melakukan itu, di pentas Asian Games, bersama supporter Indonesia lainnya yang sama-sama fanatiknya dengan segala pernak-pernik merah putih.

Cuma itu sih yang pengen gue rasain. Mau bagaimanapun hasilnya, menang atau kalah -which, kita kalah, karena atlet Sambo kita mana badannya jauh lebih kecil dibandingkan negara lain, yang penting gue udah beneran datang dan dukung, ngerasain euforia betulan sebagai supporter Indonesia tulen.

Duh gamungkin sih,
Asian Games 2018 ini...

Gak pernah seumur-umur,
Gue serela ini ngelakuin sesuatu
Buat Indonesia Raya

No comments:

Post a Comment