Monday, September 3, 2018

The Romantic Tale of Me and My Country, Part Three: "When Love Resolves"


Sunday, September 2nd 2018
I swear I never shed tears this much for my country.

Asian Games akhirnya mencapai penghujung acara. Setelah dua minggu jadi pemersatu bangsa lewat segala cabor dan pertandingannya yang greget dan seru, acara yang udah dibuka dengan super megah itu akan ditutup dengan acara yang, mereka udah bilang sih, gak bakal semegah opening-nya, tapi tetep megah untuk merayakan keberhasilan dan kesuksesan acara ini.

Dan sebagai warga negara yang menyesal karena melewatkan openingnya yang fenomenal itu, gue pun beli. Meski gue tau akan gak seseru tanggal 18 Agustus dan kemungkinan bakal lebih garing nan kentang karena pembandingnya adalah sang opening, gue tetep beli.

Tadinya buat bokap nyokap, tapi karena satu dan lain hal dua-duanya bail -sedih sumpah!- hingga akhirnya yang pergi gue dan adek gue. Kita parkir di Sarinah karena tau Senayan ramenya bakal naujubilah -oh it rhymes!- dan bener aja! Gausah jalan rayanya, halte buswaynya pun MACET!

Gila sih gak pernah gue liat HALTE BUSWAY, yang lorongnya panjang dan kadang gue bertanya-tanya ini apa gunanya sih dibikin panjang-panjang dan mengular kayak gini gak efektif dan straightforward mengingat gak semua orang naik busway, kini lorong panjang itu bener-bener penuh terisi manusia, yang gerakannya itu gak padat merayap yang meski ramai tapi tetep jalan, NGGAK! Bener-bener yang stuck saking penuhnya dan mampetnya!

Dan gak pernah gue liat antusiasme masyarakat Indonesia sebesar ini. Gue tau gak semua yang lagi desek-desekan sama gue ini bakal ketemu gue lagi di stadion utama. Pasti ada juga yang dateng buat ngerasain rame-ramenya dari festival yang selama ini gue udah datengin 3 kali itu -wkwk rakus apa doyan dah??- ngeliat keseruan di dalem lewat layar nobar sambil secara langsung ngedengerin semuanya dari luar stadion.

Tapi semuanya dateng.
Serame itu, seantusias itu.

Dan seakan Tuhan menguji kesungguhan kita semua untuk ngedukung Indonesia dalam menyelesaikan apa yang udah kita mulai dengan megah ini, ujan turun. Sederes itu, memaksa gue dan adek gue dan semua orang harus neduh dulu sekitar setengah jam di tenda yang tadinya dipake buat security checking. Btw di sini gue bersyukur karena jadinya gue sama adek gue yang pergi, bukan bonyok gue karena fix gue akan merasa bersalah di rumah kalo tau mereka harus neduh dan melewati apa yang gue lewati wkwk.

Gak lama hujan reda, meski masih turun, tapi gue sama adek gue bela-belain nerobos karena perjalanan dari pintu Senayan yang deket halte busway itu masih jauh banget ke stadion utama. Dari tenda neduh masih terang, sampe pintu masuk stadion utama udah gelap aja dong wkwk.

Dari situ udah kerasa banget aura nasionalismenya. Yang masih tinggi, tapi kerasa lebih lesu aja karena ini adalah akhir dari Asian Games 2018. Abis ini gak ada lagi pertandingan seru yang bisa ditunggu tiap hari, gak ada lagi seru-seruan di Senayan.

Masuk, duduk, dan masih nunggu sedikit hingga akhirnya acara dimulai. Bener sih, kalo dibandingin dengan opening, jauh banget euforia serunya. Pak Jokowi gak dateng, gak ada stunt-stunt seru nan gak penting, dekorasi gak seheboh opening, pentas-pentas yang berbau Indonesia banget lebih sedikit karena sekarang juga masukin budaya-budaya negara Asia lain, atlet-atlet udah banyak yang pulang, jadi yang ngisi kekosongan kebanyakan para volunteer.

Tapi ya gapapa sih, gue masih tetep bangga dan bahagia, karena Indonesia bener-bener bisa nyelesain ini semua. Gue nyesel udah pesimis di awal, tapi gue seneng karena justru ada perubahan rasa dari yang tadinya gak peduli, sampe bisa sebangga ini sama Indonesia. Terharu banget.

Cuman ada satu hal yang paling bikin gue mewek. Well, dua sih, tapi yang satunya lagi terjadi pas di tengah acara, yang gue yakin ini cuma gue doang lebay pake mewek segala, orang-orang pasti biasa aja.

Ketika Pak Anies sebagai perwakilan Jakarta-Palembang menyerahkan tonggak Asian Games buat host berikutnya, yakni Hangzhou, China -ah taee ngetiknya aja bikin merinding wkwkwk. Seketika GBK jadi berasa banget China-nya, dengan alunan musik dan elemen-elemen khas Tiongkok. Lalu maskot mereka jadi tampak mendominasi, sedangkan Bhin-Bhin, Atung sama Kaka gak keliatan. Gila gue nangis sih, dan untungnya tuh musik segede-gede dunia jadi ya gada yang denger juga.

Ini bukti nyata bahwa Asian Games 2018 udah bener-bener berakhir sih, dan setelah ini semuanya bakal balik normal lagi, nasionalisme bakal balik ke batas sewajarnya lagi, politik bakal mulai membara lagi, ah, gak seru deh...

Tapi ya mau gimana lagi, Asian Games 2018 pasti bakalan selesai lah ya masa iya jalan terus, ini pasar apa acara olahraga? Wkwk.

Setelah segala pentas berbau internasional yang super menghibur itu selesai, sebagaimana acara pentas olahraga pada umumnya, closing ceremony Asian Games 2018 ditutup dengan kembang api. Dan di sinilah gue nangis lagi HAHA CENGENG ANJING!?

Yah pembelaan gue adalah, lo gak nasionalis sih kalo ngeliat pemandangan semacem ini gak bikin hati lo bergetar.

[will insert the pic of the fireworks]

Sunday, September 2nd 2018
I swear I never shed tears this much for my country.

But I swear these tears of joy and pride,
Indonesia deserves it

No comments:

Post a Comment