Monday, February 13, 2012

Creativity Plus Internet, Equals Existence


Ada satu atau dua orang di sekolah kita, yang dimana pas kita lagi ada di tempat les, kita liat dia. Nongkrong di kafe, liat dia. Pergi ke mall, liat dia. Pindah ke mall lain, liat dia. Sampe udah datengin mall di tempat yang kita yakin gak bakal ada dia pun, kita tetep liat dia. Horor sih kalo dipikir-pikir.

Tapi yang kayak gini nih, bisa disebut sebagai gejala eksis. Menurut pandangan awam, eksis itu artinya 'beredar'. Ya, 'beredar' secara harfiah. Dimana-mana ada.

Di dunia nyata, modal jadi eksis itu banyak jenisnya. Kalo kita punya muka cakep bersinar gemerlapan, kulit lembut tak bersisik, otak encer, mobil harga milyaran atau baju-baju kece, kurang lebih kita udah separo jalan. Tinggal poles dikit dan tara! Gak ada satu orang pun di sekolah atau kampus yang gak kenal sama kita.

Tapi gimana ya, hidup itu gak seindah dongeng. Gak semua yang disebut diatas itu bisa kita milikin.

"So, we're not cool? Not Einstein enough?
Not having expensive cars and fancy clothes?
Not a big deal, people! When we have creativity, we have the whole festivity"

Merasa nasib kurang berpihak di dunia nyata, kenapa gak kita coba aja di dunia maya? Kan ada internet tuh. Dengan kreatifitas, internet bisa jadi senjata ampuh.

Ngerti banget kan gimana gak bisa dipisahinnya internet dari kehidupan sehari-hari kita jaman sekarang? Ngerti banget kan sekarang udah ada macem-macem pilihan social media di dunia paralel sana, yang udah jadi bagian dari jati diri kita (azzek)? Nah, dengan manfaatin itu semua, eksis bisa dengan gampang jadi nama tengah kita.

Tunggu dulu, bukan cuma satu atau dua socmed doang bos. Bukan cuma nambahin koleksi foto di FB aja, bukan cuma update status galau di Twitter aja, bukan cuma curhat ampe berpost-post di Blogger aja. Itu mah bocah yang ada di tivi yang makan biskuit pake selimut juga udah bisa kale. Baca lagi deh kalimat terakhir di paragraf sebelumnya.

"Dengan manfaatin itu semua"
Semua, kawan, semua.

Kalo kalian perhatiin, masing-masing socmed itu punya 'kaum'nya sendiri. Gak semua yang ada di FB bikin Twitter juga, dan sebaliknya. Nah buat nyikapin yang satu ini kita mesti pinter-pinter manfaatin lebih dari satu media biar eksis. Dan gue punya satu caranya!

Sebut saja dengan "Chaining Post Mechanism"

Dari namanya aja udah ketauan kan. Jadi kita bikin semacem cerita bersambung gitu. Mau dalam bentuk gambar, tulisan, video, lagu, dagelan, ketoprak, apa kek asalkan bisa diupload ke socmed yang ada.

The logo painting, the background and the layout are made by me
But the logo itself, the icons and all the copyrights belong to the related companies

Misalnya nih ya, kita doyan Parkour dan tergiur banget buat bagi-bagi informasi soal olahraga yang satu ini. Nah kita bisa mulai dengan upload video spoiler di Facebook atau Google+ atau dua-duanya sekaligus biar cespleng juga silahkan. Nah video ini kita buat endingnya gantung, trus kasih tau kalo mau liat kelanjutannya, bisa diakses di media lain yang lo punya, misalnya di Tumblr.

Di socmed itu, kita bisa masang quotes-quotes oke yang kurang lebih bisa bikin orang yang baca makin greget dan penasaran soal Parkour. Trus 'suruh' deh mereka akses Instagram atau Twitter supaya kita bisa pamer foto-foto Parkour sampe akhirnya, masyarakat digiring ke Blogger kita buat ngeliat artikel lengkap soal Parkour itu sendiri.

Seru kan? Media apa yang mau dipake duluan, dan konten apa aja yang mau dimasukin ke media itu bisa kita atur sesuai kehendak. Mau pake Twitter duluan cuma buat bikin status misterius abis itu lanjut ke Blogger kek, atau mau mulai dari Instagram buat masang gambar yang bisa mancing rasa penasaran orang trus lompat ke Google+ kek, terserah!

Yang pasti pake cara ini kurang lebih bisa bikin orang-orang jadi aware sama keberadaan kita. Gimana nggak? La wong kita aktif gak cuma di satu, dua, tapi banyak socmed. Orang-orang yang ngeliat hasil karya kita pun bukan yang itu-itu aja karena, inget, 'masyarakat' satu media itu beda sama yang lainnya.

Pokoknya asalkan informasi yang mau kita bagi itu menarik, flow nya pun gabakal berhenti. Pasti ada aja yang mantengin apa yang kita buat. Malah mungkin bisa aja secara gak langsung kita 'maksa' orang-orang yang udah loyal sama socmed tertentu buat bikin account di media lain cuma buat ngikutin kelanjutan postingan kita aja, kan? Bukan cuma eksis lagi itu namanya, tapi kita juga udah jadi trendsetter!

Serius deh, eksis pake bantuan internet itu banyak caranya. Tapi eksis secara nyata juga harus tetep jalan. Nongkrong sana-sini bareng temen atau keluarga itu wajib. Nah sambil ngeceng, kan bisa sekalian nyari inspirasi tuh buat gali cara-cara unik nan mumpuni lainnya biar tetep bisa ngeksis di dunia maya.

Satu yang perlu diinget,
Eksis gak selamanya bisa melekat di diri kita
Internet gak selamanya bisa nyala dan jalan cepet
Tapi kreatifitas, bakal selamanya bisa diakses



Postingan ini diikutsertain buat lomba blog Axis loh!


P.S. : di saat-saat tertentu, kreatifitas bisa memble kalo gak ditunjang sama akses internet yang oke. Mau tau gimana cara dapetinnya? Coba aja cek kesini!

20 comments:

  1. Mantap tulisannya....sukses buat semuanya!
    Salam Kenal Dari One SM

    http://iwansmtri.blogspot.com/2012/01/eksis-dengan-internet-untuk.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih, pak! salam kenal juga dan sukses terus ya ;)

      Delete
  2. Wahahahaha... mantab bro tulisannya... Gue seneng deh baca campur2 English ala dikau... apalagi yg hurufnya digedein itu... Berasa pas aja gitu... :D

    Moga menang deh... Gue dukung... :D

    kunjungan baliknya ditunggu yah... :D
    http://glen-tripollo.blogspot.com/2012/02/cara-gampang-buat-nampang-di-dunia-maya.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Tuhan, baru pertama kali ada sesama peserta yang ngedukung gue menang... padahal postingan lo juga bagus loh *ini jujur, bukan karena lo udah muji gue atau apa*

      hahahuhu jadi terharu :')
      thanks ya!! semoga yang terbaik yang menang ;)

      Delete
  3. "tapi kreatifitas, bakal selamanya bisa diakses" kalau ada bunga deposito gw lempar semua ke pernyataan ini! :))
    kita nggak pinter, nggak jago, nggak terkenal - semuanya bisa dilibas pakai kreatifitas, be creative jungkie! :)

    Salam Independent, Creative & Gahul bang :))
    @fahryB - http://notinformation.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aduh mau banget lah dilempar pake uang! anyway, blog lo oke banget sumpah anak desain ya? haha

      makasih banget nih udah mampir
      salam kenal ya, keep in touch! ;)

      Delete
    2. Thumbs up!!! Great job...More success for you ahead.. God bless.

      Delete
    3. thanks a lot! hope the best for you too ;)

      Delete
  4. Replies
    1. iya nih haha, lo juga? minta link laaah biar gue bisa liat juga hehehe. thanks for visiting ;)

      Delete
  5. sukses gan,,, http://wahanacorp.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih gan udah mampir!! mohon doanya ya :)

      Delete
  6. +1, Aku dukung usahanya, Semoga menang mas bro!

    ReplyDelete
  7. That's a really REALLY nice thinking of cyber existence and how integrated one device to another. Cool writing, I hope you win :)

    I follow you on Twitter, please approved. Thank you :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank God, another wish! AMEN AMEN!!

      yea i approved your request and i've followed you back! anyway, glad you're back but... where are your posts? i'm looking forward to read some more ;)

      Delete