Tuesday, August 21, 2018

The Romantic Tale of Me and My Country, Part One: "When Love Grows"


Oke gue akui, gue makin MAGER BANGET update blog ini.

Sumpah ya ada apa sih dengan menjadi dewasa? Banyak banget tanggungan yang harus dipenuhi, tapi waktunya gak banyak huhu trus malah curhat ya pokoknya intinya, gue kangen ngoceh sotoy di sini.

Ini gue bela-belain nulis karena, well, ini udah terlalu terlambat. Acaranya udah jalan, vibenya udah kenceng, dan gue belum mention itu sama sekali. Ya, apalagi yang paling banyak diperbincangkan akhir-akhir ini kalo bukan

A S I A N   G A M E S

Gambar dari sini.

Udahlah gue gamau terlalu banyak cingcong soal betapa besarnya acara ini bagi Tanah Air, betapa ini adalah sebuah milestone bagi negara kita untuk dipandang oleh mata internasional, la la li li bukan, gue lebih pengen ngomong soal perasaan gue sendiri terhadap acara ini, yang sejujurnya,

sangat gue nikmati.

Jujur, pada awalnya gue pesimis. Duh, ini Indonesia. Udah terlalu banyak contoh kasusnya, dan terlalu banyak oknum yang bisa bikin semuanya berantakan dan memalukan bangsa. Jadi meski kehadirannya sudah digembar-gemborkan semenjak dua tahun sebelumnya, gue belum merasa ke-grande-an acara ini sampai akhirnya tibalah 18 Agustus 2018.


The Opening Ceremony

Gambar dari sini.

Sayangnya, gue cuma nonton dari rumah. Dan itu menjadi salah satu penyesalan terbesar gue tahun ini, thanks to the stupid pessimistic side of me.

Gue gak nyangka acara pembukaannya bakal segrande itu, sebagus itu, sedramatik itu. Kaget sih, asli, karena rasa pesimis gue setinggi itu. Apa yang ditampilin di GBK saat itu, menurut gue udah kelas internasional. Agak lebay emang kalo gue bilang gue merinding -padahal cuma liat lewat TV wkwk- tapi ya, gue merinding. Karena ini diliat satu dunia bos! Well, at least diliat satu Asia.

Yang bikin makin hepi adalah karena para performernya cuma muncul secimit-cimit, gak yang satu penyanyi muncul ampe berkali-kali dengan gonta-ganti kostum hey ini bukan konser lau. Gue gak butuh nonton Raisa dan Tulus, yang gue butuhkan adalah pentas yang Indonesia banget, dan untungnya, itulah yang ditampilkan.

Endingnya, ketika para atlet saling oper obor hingga Mbak Susi Susanty naik gunung, yah, bohong sih gue kalo gue bilang gue gak nangis. Untung waktu itu gue sendokiran di rumah, jadi bebas mewek saking bahagia dan bangganya ngeliat itu acara.

Tapi kalo boleh jujur sih ya, ke-nangis-an paling utama gue justru terjadi pas parade atlet dari tiap-tiap negara partisipan Asian Games. Bukan, bukan pas Indonesia -yaa itu lumayan bikin mata banjir sih. Gue banjir parah pas Korea keluar.

Gak mungkin sih. Acara sebagus itu, semegah itu, dan untuk pertama kalinya Korea muncul sebagai Korea. Gak yang selatan aja, gak yang utara aja: Korea. Dan dua perwakilan pemerintahnya, yang duduk di sebelah Pak Jokowi, tiba-tiba bangkit dari duduk dan bergandengan tangan AHELAH NGETIKNYA AJA GEMETERAN GUE CUPU BANGET DAH MASALAH EMOSIONAL GINI-GINIAN HUHU...

Well.

Intinya, setelah opening selesai, gue baru sadar betapa gue telah memandang negara gue sendiri dengan sebelah mata. Dan gue baru sadar kalo ternyata gue cinta banget ama ini negara, cuman gue suka jijik aja sama isinya makanya jadi pesimis.

Asian Games bisa jadi pertanda baik sih.
Bukan cuma buat negara ini doang, tapi buat
Hubungan gue dan negara ini :)

No comments:

Post a Comment