Monday, June 18, 2012

Because Term "Lagi Galau" Is Not Always Pleasant


Akhir-akhir ini, gatau kenapa, sebuah aktivitas melelahkan nan menyayat hati yang sebenernya gak ada untungnya buat jiwa dan raga, lagi ngehype banget. Parah. Apalagi di social media. Terutama twitter.

Apa itu teman-temaan?
Oke, sebut saja

'g a l a u'

Sejatinya, jikalau dilakukan dalam takaran yang sewajarnya, galau itu sehat. Orang jadi instrospeksi dan bertanya-tanya pada diri sendiri, di bagian mana mereka salah dan di bagian mana mereka bisa ngebenerin itu semua.

Tapi kalo liat galau yang lagi mewabah sekarang... Kebanyakan isinya soal cinta-cintaan. Plus keluhan. Plus rintihan. Plus ratapan. Plus tangisan. Plus, plus, plus, aaaaarrrrgggghhhh cape hati lama-lama beredar di timeline cuma ngeliatin orang-orang meringis doang.

Sadar gak sih kalian kalo kalian galau, sebenernya ada beberapa orang menyebalkan yang bakal muncul di sekitar kalian. Bukan salah mereka sih kenapa mereka nyebelin, tapi karena kegalauan itu juga. Nah mereka-mereka itu adalah

Opportunists
Menurut observasi gue, orang-orang tipe ini yang jumlahnya paling banyak. Jadi kalo kalian, terutama cewek-cewek, lagi galau, langsung deh mereka-mereka ini menyambar kegalauan kalian. Kedoknya sih pengen ngibur. Tapi percayalah, ada secercah harapan di lubuk hati para Opportunists yang pengen banget kalian berhenti ngegalau dan mulai menyadari kehadiran mereka. Intinya, mereka cuma nyari kesempatan buat nyuri hati kalian.

Two Faces
Nah yang ini bahaya banget nih. Di kala masa galau, mereka bakalan ada di sisi kalian -yaaaa cuma BBM atau bales-balesan twit aja sih, tapi tetep itungannya berada di sisi kalian kan. Mereka bakal ngasih saran, ngibur, dengerin segala curhatan kalian, cem teman terbaik yang pernah kalian punya gitudeh. Tapi di tempat lain, dengan sahabatnya yang lain, mereka justru ngomongin kalian. Ngejelekin sambil ngetawain kesalahan kalian, termasuk kegalauan kalian.

The Smooth Killers
Nggak beda jauh dari tipe Two Faces, The Smooth Killers juga senantiasa meladeni kegalauan kalian. Bedanya, mereka nggak ngejelekin kalian dari belakang. Yep, mereka 'nyerang' kalian dari depan, tapi dengan cara yang lembut. Jatohnya jadi kayak nyindir gitu. Kadang kata-katanya nyinyir dan menyayat hati. Dan buat menambah kesan sinis, di akhir kalimat mereka suka ngasih hiasan smiley :)

Grudge Holders
Tipe terakhir adalah tipe yang to-the-point. Secara tegas mereka nunjukkin kalo mereka benci banget sama kalian yang terlalu sering ngegalau. Kata-katanya kasar, penuh ketidaksukaan dan kebencian. Sebagian masih pake cara no mention, tapi ada juga orang-orang yang berani nyebutin kalian secara langsung.

Yea well, itulah pengamatan mata telanjang gue mengenai empat tipe orang yang bakalan ada di sekitar kalian kalo kalian terlalu sering ngegalau. Gamau kan idup kalian risih dan gak nyaman karena dibayang-bayangin sama orang-orang kayak gitu?

Makanya jangan norak. Maaf ya, gue agak kasar nih bilang norak. Tapi serius deh, galau yang kelewat batas tuh bagi gue nggak ada lucu-lucunya.

Yang bisa gue saranin sekarang cuma beberapa hal. Gausah berlebihan kalo galau, secukupnya aja. Dan usahain anti-sounding. Gak perlu lah kalo galau trus dipublish via twitter, semua orang mesti tau. Trus kalo mau positif, lampiasin itu galau pake sesuatu, kayak bikin lagu, puisi dan sebagainya. Jangan lupa abaikan suasana hati yang lagi gak asik itu dengan ngelakuin hal lain yang lebih asik. Nah yang paling penting, kalo lagi galau mendingan utamain introspeksi, biar galaunya bermanfaat.

So umm, we're just too young to moan too much
At this age, what we're supposed to do is doing fun things
Therefore when we grow up, we have something funny to share
You don't want to share sad stories, do you?

16 comments:

  1. "You don't want to share sad stories, do you?"

    i believe, sometimes we do.

    ReplyDelete
    Replies
    1. but not to our children, eh? especially stories about miserable puppy love haha

      Delete
  2. udahan galaunya, ayo bareng bareng bangun bangsa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju!! denger orang galau tuh ngeselin loh lama lama haha

      Delete
  3. wkwkw bener!!!! sering aja ngeliatin perkataan" galau" ni di twitter ,wkwkw kyknya skrang lg ngetrend d Indo ya!

    sebenernya apa tuh galau n yesssss semuanya ttg cinta =p galau tuh kyk "lonely, sad, seorangan, jomblo, heartbroken" gituh ya?

    wkwkwkwkw for me i have nothing against galau kalao mereka mw pk perkataan ituh yaoda pake aja wkwkwkw cumen kadangan keseringannnnn =p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngetrend banget haha orang indo kan latah, satu galau semua galau heheh. yaaaa sejenis itu lah ya galau haha pokoknya isinya kayak renungan sama keluhan soal cinta cintaan gitu deh hhh capek bacanya, makanya kadang suka kesel sendiri heheheh

      Delete
  4. say no to Galau,,oke ??

    ReplyDelete
  5. galau membahayakan perkembangan kepribadian.. jadi jangan sampai terus menerus kita galau.. moving on... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh liat tuh temen temenku jemaat galauisme, kegiatan favorit kalian itu menghambat perkembangan kepribadian heheh

      Delete
  6. yes i agree, why would we waste time to talk about grief
    better solve the problem with live entertainment and make full-color

    ReplyDelete
    Replies
    1. see? it's not only me, most ppl hate galau right? haha yea of course it's much better to do something more important ;)

      Delete
  7. << khilaf karena telah membuat postingan tentang kegalauan hati -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha enak aja! anti galau nih guee, kalo galau juga akhir akhir ini cuma karena bingung milih jagoan buat Euro hehe

      Delete
  8. Wow! Galak..

    Tapi emang perlu digalakin nih para Galauers yang hobbynya
    menebar teror di aneka socmed malah merambah ke dunia nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bener banget, kebanyakan orang galau di socmed itu buat nyari perhatian aja. jangan sampe deh nyebar ke dunia nyata beneran

      Delete