Wednesday, July 18, 2012

Sooner, “Curi Budaya Orang” Will Only be a Part of Your History


Let me set this straight. This post is obviously intended to some random country up there my nation is really, really sick of. But due to our ethical responsibilities, I’m not allowed to mention any name of countries. So for the rest of the text, I’m gonna refer them as “lo” or “tetanggaku tersayang”
Ngomongin soal Indonesia, nggak jauh-jauh dari ngomongin soal kebudayaannya. Ini udah jadi prolog yang basi banget gak sih? Tapi emang nyatanya begitu kan. Kebudayaan Indonesia yang bejibun jumlahnya itu kadang suka bikin gue bingung mau nulis opening yang kayak gimana karena udah keburu gak sabar ngejabarin satu-satu apa aja yang dipunyain sama negara gue ini.

Di tempat gue tinggal aja, di Jakarta, udah banyak banget kebudayaannya. Ondel-ondel, jaipong, lenong, kerak telor, ini, itu, wawawaaa kalo mau bikin negara sendiri udah cukup tajir lah ya. Belum kalo digabung sama yang masyarakat Jawa punya. Belum kalo digabung sama daerah-daerah Indonesia Barat lainnya. Belum kalo digabung sama semua provinsi di Indonesia! Wuih, pusing euy.

Tapi emang resiko jadi orang kaya kali ya, ada aja gitu orang lain yang sirik, yang padahal lebih bahagia, lebih makmur, tapi tetep pengen nyuri apa yang gue punya. Biasa lah, manusia masa kini kan rakus. Suka lupa sama kemelaratan orang lain.

Salah satu contohnya ya elu, negara tetanggaku tersayang.

Gue heran deh. Secara internasional, lo jauh lebih tenar daripada gue. Akses bandara lo ke negara-negara lain lebih lengkap daripada gue. Kalo gue mau ke Jepang atau Australia aja misalnya, gue mesti transit dulu di tempat lo.

Udah gitu, di samping tetangga kita yang kecil mungil itu dan negara gajah tetangga lo itu, orang-orang dari belahan dunia lain pasti langsung inget sama lo kalo nama ASEAN disebut-sebut. Bahkan nama lo muncul di lagunya Pitbull yang baru –yang ini gue sangat amat gak rela :’(

Tapi kenapa?? Kenapa lo selalu mau ambil punya gue?? *musik drama kolosal*

Gue tau lo gak punya apa-apa buat dibanggain. Maksud gue soal kebudayaan-kebudayaan yang pelik ini. Apa yang lo punya, hampir semuanya gue punya. Ya wajar aja sih lo jadi takut, trus lo buru-buru ngeklaim barang-barang gue sebelum gue ngeh kalo itu punya gue.

Gue tau, kita sedarah serumpun. Tapi gak gitu juga kali. Kita emang tinggal serumah, tapi kan kita punya kamar sendiri-sendiri coooy. Mau kagak lu, kamar lu gue gerebek, gue obrak-abrik, trus gue balik ke kamar gue dan have fun gak peduliin kamar lo? Mau gak hah?? HAH???

Gini ya, gue bocorin sedikit rahasia. Kami emang lelet dan gak pedulian sama apa yang kami punya, gue akuin. Gue sendiri kesel sama rakyat gue yang langsung pada sok-sok tergerak jadi bagian dari suatu kebudayaan giliran kebudayaan itu udah lo malingin. Tapi apa yang lo kerjain itu, ngerebut, nge-hak-milik-in dan sebagainya, pelan-pelan bikin kami sadar.

Sekarang emang kami masih diem-diem aja lo injek-injek. Gatau karena bos negara ini yang letoy, atau pertahanannya yang cupu, gue sendiri ga ngerti –atau pura-pura ga ngerti, beda tipis lah ya hehe. Tapi liat aja ntar, macem sepuluh dua puluh taun lagi, pas gue dan angkatan gue yang megang ini negeri… Yea for now I can’t tell what will happen, but you just prepare yourselves ;)

Sumpah ini bukan anceman loh haha. Siape gue, berani-beraninya ngancem lo? Gue cuma mau ngasitau aja, kalo negara kami ini lagi ngadepin rezim terlemah yang pernah kami rasain. Jadi ini semacem peringatan aja, kalo besok-besok kami jadi kuat, lo jangan kaget karena udah gue kasitau dari sekarang.

Nah untuk itu, gue pribadi mohon dengan lemah lembut –berubung kami masih dalam mode teraniaya– agar lo dan temen-temen lo itu berhenti bikin kita keder. Jangan curi lagi lah kebudayaan gue, capek kali marah-marah sama lo, ngata-ngatain lo, ngutuk lo pake sumpah serapah ga jelas. Serius deh, gue pengen ngerasain hidup damai sama lo. Kan lo tetangga gue tersayang, ye gak?

So try to stop that, my dearest neighbor.
Just do it right now! Like sooner, not later.
Because no regrets available here :)

19 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Helloo! Jaipong dari Jawa Barat yaaa *langsung perang etnis* minta pulluw nya dong vikiki. demi keterkenalan kita bersama. zz

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak iya ya? aduh maap nih kang adri, iya deh iya jaipong punya jawa barat tapi gue males ngedit postingannya hehe. okedeeh, mari kita follow follow an

      Delete
    2. haha iya vik, ntar sekalian gue ajarin jaipong (padahal tariannya buat cewek). idih gua udah follow lo dari seribu taun sebelum masehi.

      Delete
    3. miape? biasanya gue kalo difollow langsung gue follback, apalagi kalo orangnya kenal. yaudah sooner gue follow kok mate, ini lagi gak ol di laptop soalnya hehe maap yak

      Delete
  3. been there done that, sampe akhirnya males ngomongin hal yang sama.

    http://calcaneuser.blogspot.com/2007/10/malaysia-lagi-capekk-dehhh.html

    tapi kalo dipikir2, masalah 'kecurian' ini justru menunjukkan betapa kayanya bangsa kita :)

    bayangin, suku bangsa indonesia sudah sejak dahulu kala menjejakkan kaki di sana, beranak pinak di sana sampe akhirnya mereka menganggap kalo kebudayaan itu milik mereka. dan gak cuma di sebelah lho! orang indonesia dianggap sebagai leluhur dari sebagian orang di kepulauan palau, afrika selatan, suriname dan bahkan perempuan indonesia dianggap sebagai leluhur-nya orang madagaskar.

    so, who's richer then? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah siapa yang lebih kaya sih ya udah jelas lah yaa haha. tapi nih ya kalo dipikir pikir, salah kita juga sih kenapa terlalu leye sama budaya sendiri jadinya gampang dicuri orang. serba salah ya haha ._.

      Delete
  4. Natasya Andrea PutriJuly 18, 2012 at 8:14 PM

    Yaaak tancap gas poolll baaanggg!!!! But seriously though, can't they just realized how shallow they have been? We'll see what will happen then!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gas pol gas pol tapi ada koloninya gak nih? kalo gue maju sendirian meringis gue haha. sure we'll see who's stronger ye gak? ;)

      Delete
  5. ane setuju dengan komen nya Luke..
    pengklaiman budaya kita oleh negara lain itu menunjukkan kalo budaya kita emang kaya... jadi orang pada ngiri.. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih mereka ngiri, tapi mereka ada usahanya meskipun berbentuk pencurian. nah kalo kita? jadi pihak yang diiriin tapi gada usaha ngejaga. kadang emang orang indonesia nya sih yang mesti disalahin

      Delete
  6. I-ini postingan isinya menghentak-hentak dan semangat... tapi Gue bacanya kok kayak pake logat Fitri Tropica... Anjrit malah ngakak Gue brow... XD
    But, it's cool man..! Gila caur banget kata-katanya... mantab2... ( >__O)b

    Berhubung banyak yg bilang jari Gue jempol semua, so, Gue acungin sepulu-sepuluhnya nih... bbbbbbbbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaaaa diacungin sepuluh jempol sama bang glen :"""")) tapi... kenapa fitri tropica... ._.

      Delete
  7. tapi yang seharusnya jadi perhatian kita sendiri yang cukup besar tentunya juga intropeksi diri. seniat apapun maling itu, kalau penjaga hartanya juga sigap, ga akan ada itu namanya kemalingan.
    yup, adalah salah kita sendiri juga yang membiarkan celah kecurian itu. tetangga kita tersayang itu hanya memanfaatkan celah, yang kita buat sendiri.
    ga perlu panjang lebar untuk kasih tau di sini bagaimana budaya lokal kita dah mulai dicuekin sama generasi mudanya sendiri. nah, wahai generasi muda, apa berani mengakui hal ini? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah!! akhirnya ada juga yang setuju buat nyalahin rakyat sendiri masalah maling-malingan ini hahaha
      kalo gue pribadi, jujur nih, sebenernya bangga banget punya kebudayaan yang banyak di negara sendiri. tapi, jujur lagi nih, gue ga tau harus gimana buat ngejaganya dan justru cenderung ga peduli. jadi ketika tiba saatnya maling menyerang, gue ga bakal sewot yang berlebihan karena gue tau gue sendiri gak ngejaganya ._.

      susah sih bang, mesti ada yang punya inisiatif, jadi pemimpin buat ngelawan tetangga sekaligus jaga harta, baru deh beres semuanya

      Delete
    2. dari sadar dulu, baru kita akan mulai berpikir, lalu bertindak menuju aksi. :)

      Delete
    3. sadar udah, berpikir baru setengah, masalah bertindak... not even close ._. semoga ada yang berani mimpin perlawanan ya bang biar 'anceman' gue diatas itu bisa jadi kenyataan nantinya haha

      Delete
  8. Nice brooo, lebih bags kalo ada penjabaran budayanya hehe. Btw keren mintanya pake cara yang halus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha thanks yaa! kebanyakan dan bingung mau ngejabarin kebudayaan yang mana jadi seadanya aja deh ._.

      Delete