Saturday, July 21, 2012

Heroes Called Dancer


Speaking of culture...

Kamis kemaren gue dateng ke Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki buat nonton Gelar Pamit Komunitas Tari FISIP yang mau ngikutin Misi Budaya 2012. Jadi selama sebulan mulai Agustus besok, kontingen dari kampus gue itu bakalan terbang ke Eropa buat ngenalin beberapa tarian Indonesia di mata dunia.

Pas masih di lobby, sebelum tariannya mulai, saat-saat pas penarinya baru masuk dan pas lagi adegan-adegan teatrikal kerjaan gue cuma ketawa-ketiwi ngecengin plus ngegodain temen-temen gue yang lagi tampil. Tapi waktu mereka lagi nari...

Jujur, gue iri. Bukan karena mereka bakal ke Eropa yah. Yaaa itu juga iri sih, tapi nomer kesekian lah. Hmm gue iri aja karena di saat orang-orang cuma bisa ngeklaim kebudayaan Indonesia, berkoar-koar betapa kayanya negeri ini dan betapa beruntungnya kita, temen-temen gue ini justru nunjukin aksi nyata dengan ngedatengin langsung masyarakat belahan dunia lain dan ngasitau ke mereka kalo kebudayaan ini punya kita.

Selama duduk di bangku penonton, gue gak berenti ngayal. Nantinya di Eropa, tempat gue duduk itu bakal diisi sama bule-bule yang gatau apa-apa soal apa yang lagi ditampilin di depan mereka. Mereka cuma bisa senyum, terperangah sekaligus makin penasaran soal apa lagi sih yang Indonesia punya.

Ahh, gue tau banget rasanya jadi orang-orang yang berdiri di atas panggung. Disimak banyak orang, diketawain dan dikasih tepuk tangan... Rasanya... Nggak ada tandingannya haha.


Photos are belonged to Putri Soesilo and archived here

Coba gue bisa ikutan. Sayang sih, bokap gue anti banget anak-anak cowoknya -dan kebetulan semua anaknya cowok- ikut-ikutan kegiatan macem beginian. Yaaa kalo ikutan pun gue bukan ngincer narinya sih. Gue cuma pengen ngerasain sensasi dari bisa ngejaga kebudayaan sendiri aja.

Karena gue masih belum tau cara lain buat bikin orang-orang bisa ngehargain kita. Atau at least bisa bikin mereka tau kalo jauh di timur sini, ada satu negara sederhana yang nyimpen banyak kesenian dan tradisi yang gak bakal mereka temuin di tempat mereka tinggal.

Ya sudahlah, angan hanya angan. Masih ada Misi Budaya taun depan dan semoga aja, sebelum kontingen KTF 2013 berangkat, ada sesuatu yang bikin bokap sadar kalo anaknya ini pengen banget bisa ke Eropa dan jadi salah satu pahlawan tradisi bangsa. 

Yea well, good luck my fellas!
Don't you dare showing me your trip pictures
Because I'll be envy like hell


8 comments:

  1. bentuk aksi nyata yang perlu kita acungi jempol
    beruntung masih banyak orang yg masih mau melestarikan budayanya sendiri,, termasuk bang rifky.. walaupun tidak terlaksana
    yang penting niat udah cukup
    tidak seperti mereka yang diluar sana,, cuma bersuara ketika kekayaan indonesia di ambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. ............. *speechless, terharu* ternyata ada yang nganggep gue udah ikut melestarikan budaya, sungguh merupakan comment yang menghibur haha thanks mas!! semoga rakyat kita berhenti ngomong doang deh ya \m/

      Delete
    2. iya,,,untung masih ada orang seperti bang rifky yang masih peduli budaya sendiri

      Delete
    3. wakakak kalo cuma peduli dari hati sih gampang, nah ngerealisasiinnya itu loh masih susah ._.

      Delete
  2. satu-satunya negara di dunia yang memiliki sejuta budaya.... slm knl by asepsandro.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuu kalopun ada negara lain yang budayanya banyak, pasti gak sebanyak indonesia \m/ oke salam kenal juga bang ;)

      Delete
  3. Asik kayaknya bang kalo jadi ke eropa, ikut dong hehe ? Kalo diajak gue mau promosiin makanan khas Indonesia ahh yang kaya bumbu dan rasanya nggak hampa kayak makanan2 luar negeri XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gue mah kagak ikut kaleee haha mulia sekali niat nya mau ngenalin masakan lokal hehe semoga ada sponsor yang baca harapan kita berdua ini ya :')

      Delete