Sunday, July 27, 2014

The Best Waste


Hi.

It's been a while since--duh, sorry I, I think it's gonna be a very touchy post so I'm using Indonesian now. You know, sometimes, well, most of the times I use English for just coolness sake. But if it's a real deal, Indonesian it is. Yea well I'm that kind of guy who--hey, kapan mulainya Vick? :)

Oke.
Ramadhan.

Sumpah beberapa bulan lalu, gue tau dan yakin banget kalo taun ini bakalan jadi Ramadhan paling seru yang bakal pernah gue jalanin seumur hidup. Karena sumpah, occasion yang benturan sama Ramadhan taun ini super duper banyak.

Pertama dan yang paling utama, ya, you know, World Cup 2014. Yang secara sukses bikin dua minggu awal puasa gue lewat gitu aja gak berasa. Jam tidur terbalik, malem dipake buat nonton bola, siang dipake buat tidur, sore dipake buat bikin postingan analisis pertandingan sepakbola mahadahsyat ala Rifky Ramadhan Amin. Sahur dan Subuh pun jadi lebih berwarna karena bola nya sendiri baru selesai at least jam 5 -kadang molor ampe jam 6 gegara extra time plus adu penalty. Thanks, but no thanks.

Kedua, you also know, Pilpres 2014. Minor sih, karena gue gak tertarik tertarik amet. Tapi mayan lah bikin puasa ini jadi lebih menggelitik. Membuat gue lebih kritis dan gak pasif meskipun lagi berkutat menahan lapar -sumpah ya, makin kesini puasa itu lebih berat nahan laper. Inget banget dulu pas kecil sok sok deklarasi bahwa puasa itu lebih susah nahan aus. Saking kritisnya, kadang pikiran suka negatif dan jadi mencak sana sini. Thanks, but no thanks.

Seru sih, emang, karena bikin segalanya jadi gak kerasa.
Hampir sama sekali gak kerasa malah. Apalagi ditambah ujan.

Mungkin kalian inget postingan gue taun lalu, menyatakan bahwa puasa taun lalu berasa jauh lebih cepet daripada puasa 2012 yang gue pikir udah kerasa cepet banget. Ya, puasa taun ini, yang bahkan gue di rumah aja gak kayak puasa dua taun sebelumnya dimana gue magang, menurut gue adalah yang paling cepet.

Dan paling sia sia.

Meskipun gue gak kerja, gue terlalu banyak ngadain buka bersama. Tarawih pun cuma ada di dua minggu awal aja. Itupun banyak bolongnya. Semalem, yang harusnya jadi tarawih terakhir, malah gue pake buat reunian sama temen temen SMA. Seneng sih kumpul sama mereka, cuman kalo dipikir pikir lagi... Gila kali ya, bayangin aja dari tanggal 15 Ramadhan sampe abis gue gak tarawih sama sekali...

Gausah deh yang berhubungan sama ibadah. Yang berhubungan sama kepentingan sendiri aja gue lupa. Inget taun lalu gue seneng dan berbunga bunga banget nungguin ulangtaun Hijriyah gue? Taun ini, gue bahkan baru inget kalo gue punya ulangtaun hijriyah, tepat satu hari setelahnya. Ya, yang berhubungan sama kepentingan sendiri aja gue lupa.

Sejujurnya gue udah sadar masalah ini sekitar 10 hari terakhir Ramadhan. Gue udah super niat ngajakin keluarga gue tarawih bareng lagi, tapi selalu diurungkan karena pasti anggotanya gak lengkap. Padahal gak ngaruh. Solat bertiga sama bokap nyokap aja pun sebenernya gapapa kan. Pun sekalinya lengkap, buka puasanya di luar. Sampe rumah jam 10, udah deh molos. Ya emang intinya keinginan gue buat ibadah itu minim.

Sampe akhirnya Jum'at kemarin, dua hari yang lalu, gue pergi solat Jum'at diiringi ujan. Dateng telat, seperti biasa, jadilah gue duduk di teras luar berbatasan dengan tampias air.

Sumpah ya, tanpa bermaksud lebay seperti yang biasa gue sampaikan dalam blog yang penuh becandaan ini, itu perasaan gue pas solat Jum'at, sejuk banget. Literally, metaphorically. Dari luar ditiup angin, dari dalem didengerin bacaan ayat suci. Udah gitu gue duduk di sebelah kakek kakek yang udah gabisa solat gerakan full, jadi harus sambil duduk di kursi lipet. Tekanan mental banget, karena gue jadi malu sendiri.

Plus, yang paling bikin gue remuk, adalah kenyataan bahwa Jum'at itu Jum'at terakhir Ramadhan taun ini. Bukti paling konkret yang nunjukkin bahwa yak, Rifky, secara resmi Ramadhan kamu tahun ini sia sia, semoga tahun depan lebih baik ya. Amin.

Percaya gak kalo gue bilang gue nangis pas solat?
Karena ya, kapan lagi bisa begini?

Belum tentu taun depan gue masih tinggal di Indonesia -Amin banget sih ini!
Belum tentu taun depan puasanya selalu diguyur ujan kayak sekarang.
Belum tentu taun depan... Gue ketemu lagi sama Ramadhan.

Kebanyakan belum tentu, tapi gue kayak yakin yakin aja buat nyia-nyiain Ramadhan taun ini. Sumpah ya, gapernah gue senyesel ini ninggalin Ramadhan. Gak perlu deh gue jadi super religius tarawih full, selalu di mesjid atau apalah. At least kayak standarnya gue aja lah... Itu udah cukup. Banget.

"Paling nggak kerasa."
Gak kerasa tiba tiba udah buka.
Gak kerasa tiba tiba udah mau Lebaran.
Gak kerasa suasana puasa dan ibadahnya...

Lord.

I swear this was the best Ramadan so far.
That I waste and never had

No comments:

Post a Comment